Monthly Archives: May 2008

Forensic Speaker Identification (2)

Rabu pagi kemarin, tanggal 22 Mei 2008, saya dan kolega saya, diberikan kesempatan untuk memberikan sharing pengetahuan tentang Forensic Speaker Identification (FSI) oleh sebuah lembaga negara di Jakarta. (Tadinya kami ingin mengajak serta pak AAA karena keterkaitannya dengan bidang beliau, tetapi mengingat kesibukan beliau yang baru, kami jadi ragu untuk mengganggu waktunya).

Continue reading

Akustik Masjid

Masjid, dilihat dari fungsinya secara akustik, dapat digolongkan sebagai ruangan yang didesain untuk speech (percakapan). Semestinya, pada saat merancang masjid, desain akustik tidak boleh dikesampingkan. Hal-hal umum yang berkaitan dengan parameter desain akustik masjid dapat mengacu pada artikel saya sebelumnya tentang akustik untuk ruang percakapan.

Pada sisi yang lain, sebagai bangunan ibadah, ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi, misalnya kebutuhan akan keindahan, Grande (besar, sehingga orang yang masuk ke dalamnya merasa kecil dihadapan Nya), dan bersih. Untuk menciptakan kebutuhan lain tersebut, pada umumnya para desainer arsitektural dan interior masjid kemudian memilih menggunakan material-material yang memiliki permukaan keras dan berkesan bersih, seperti marmer, granit, GRC, keramik dsb. Apabila sisi akustik tidak dipertimbangkan, maka material-material tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya cacat akustik seperti echoe, flutter echoe, dan sound focusing, yang pada akhirnya akan mengganggu intelligibility (kejelasan mendengar suara ucapan) di dalam masjid.

 

Continue reading